Gerbang Nasional

Podcast, Media Penyuluhan Di Era Digital

Jum'at, 04 Mar 2022
Sumber Gambar : Dani Medionovianto

[ JAKARTA ] Informasi pertanian berupa Inovasi Teknologi menjadi salah satu faktor kunci dalam pencapaian program keberhasilan pembangunan pertanian. Keberhasilan program penyuluhan pertanian dapat tercapai apabila didukung oleh para penyuluh pertanian yang profesional, kreatif, inovatif, kredibel dan berwawasan global dalam bidang penyuluhan dan agribisnis. Di Era 4.0 ini,  bila penyuluh telah menjadi sahabat petani, maka media sosial harus menjadi sahabat penyuluh.

Salahsatu penerapan teknologi pertanian melalui Smart farming yaitu sistem pertanian berbasis teknologi yang dapat membantu petani meningkatkan hasil panen secara kuantitas dan kualitas sehingga menjadi kunci agar sektor pertanian terus eksis di tengah dampak perubahan iklim dan pandemi covid 19.

Sementara itu Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian, Dedi Nursyamsi pada agenda Ngobrol Asyik Penyuluhan (Ngobras) volume 10 yang dilaksanakan Selasa (01/03/2022) secara virtual di AOR BPPSDMP, dengan tema Podcast, Media penyuluhan di era digital.

Dalam arahannya beliau mengatakan dengan adanya pertanian modern yaitu teknologi Smart Farming tujuan pembangunan pertanian akan tercapai.

“Solusi mengenjot produktivitas kualitas pertanian dan mengurangi ongkos produksi adalah Smart farming” ujar Dedi.

Selanjutnya Dedi mengatakan bahwa bertani dengan cerdas dengan memanfaatkan teknologi modern. Bertani dengan menggunakan bbit dan benih yang berkualitas, jangan menggunakan bibit yang jelek.

Sementara itu narasumber Ngobras, Dani Medionovianto, Penyuluh Pertanian Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Teknologi Pertanian mengatakan bahwa Penyuluh di Era Industri 4.0 Penyuluh harus Inovatif dan eksplorer, interaksi dengan media sosial, fleksibel, gadget minded, rasa ingin tahunya tinggi dan peka terhadap perubahan

“Podcast yang merupakan jenis media internet terbaru pun digandrungi warga Indonesia dengan rata-rata menghabiskan waktu 44 menit dalam sehari. Meskipun itu masih kalah dengan waktu pengguna internet Indonesia saat streaming musik yang rata-rata 1 jam 30 menit dalam satu hari”. jelas Dani Medionovianto.

Selanjutnya Dani menambahkan bahwa diprediksi Tahun 2021 hingga 2024, konsumsi Podcast, di internet akan meningkat hingga 80%. Saat ini, mengutip laporan laman podcastinsight.com, terdapat lebih dari 30 juta episode di seluruh dunia dengan lebih dari 20 persen pengguna Spotify di Indonesia mendengarkan podcast setiap bulan, lebih tinggi dari rata-rata global.hvy

PENGUNJUNG

60254

HARI INI

73870

KEMARIN

50765886

TOTAL
Copyright © cybext.pertanian.go.id
rss twitter facebook