Gerbang Daerah
> >

Kegiatan Panen Sl Padi Sawah

Jum'at, 14 Jan 2022
Sumber Gambar : koleksi pribadi

 

 

Panen padi merupakan saat yang paling ditunggu-tunggu petani. Setelah menunggu selama hampir 4 bulan, sekaranglah saatnya petani memetik hasil tanamannya. Pemanenan harusnya dilakukan pada umur yang tepat, karena ketidak-tepatan saat panen dapat mengakibatkan kehilangan hasil yang tinggi yang tentunya dapat merugikan petani.

 

Panen padi yang selama ini banyak dilakukan petani adalah dengan menggunakan alat yang dinamakan ani-ani atau juga dengan arit atau sabit dan selanjutnya dikembangkan menjadi sabit bergerigi yang lebih mudah penggunaannya. Penggunaan alat ini membutuhkan tenaga kerja yang sangat banyak dan waktu yang panjang serta biaya yang cukup besar. Sementara itu jumlah buruh tani/ panen semakin hari jumlahnya semakin menurun. Hal ini menyebabkan waktu panen yang mundur akibat menunggu antrian panen. Akibatnya panen dilakukan pada saat yang tidak tepat yang berdampak pada penurunan hasil panen karena kehilangan kehilangan hasil. Untuk mengatasi permasalahan-permasalahan ini digunakan alat Mesin Panen.

Dan inilah yg dilakukan di kecamatan pesisir bukit pada kelompok tani Bukit batu - Desa Koto Dua.  Pada hari ini Jum`at tanggal  14 Januari 20122. 

Dalam kegiatan panen Sekolah Lapang Pertanian Budidaya Padi sawah dengan Sistem Jajar Legowo. 

 Akhirnya terimakasih kepada pihak terkait yg SDH memfasilitasi kegiatan ini. Terimakasih Demonstrator kegiatan. Terimakasih untuk kita semua ???. Semangat Tim.... Semangat Penyuluh Pesisir Bukit ???

 

Penulis : Suci Nola Ashari, SP

 

PENGUNJUNG

50062

HARI INI

73870

KEMARIN

50755694

TOTAL
Copyright © cybext.pertanian.go.id
rss twitter facebook