Materi Lokalita
RIAU > KABUPATEN BENGKALIS > BUKIT BATU

BUDIDAYA BERKELANJUTAN TANAMAN LABU DI DESA PAKNING ASAL KECAMATAN BUKIT BATU

Rabu, 12 Jan 2022
Sumber Gambar : Arsip BPP Kecamatan Bukit Batu

Pertanian tidak berhenti. Ditengah pandemi corona, peluang pertanian kian kinclong. Kali ini tanaman labu yang mendapatkan giliran. Labu merupakan  tanaman  merambat yang buahnya cukup unik, beberapa menyerupai kendi air. Labu mulai menjadi tren di sebagian kalangan sebagai alternatif pangan, mulai banyak ditemukan di pasar, inilah yang mendasari petani untuk menekuni pertanian labu. Selain pangan alternatif, labu yang ada juga berbentuk bulat ini memiliki kandungan gizi yang beragam. Mulai dari vitamin A, zat besi, asam folat dan kandungan serat yang tinggi.

Tanaman labu dapat tumbuh dengan mudah, baik di pekarangan maupun lahan yang tidak terlalu luas. Setelah hasil panen melimpah beberapa waktu yang lalu, Petani labu di Desa Pakning Asal Kecamatan Bukit Batu terus melakukan budidaya labu. Tahun lalu, labu laku di pasaran dengan harga berkisar Rp. 10 ribu – Rp. 32 ribu/kg. Petani ini pun memanfaatkan dunia online untuk memasarkan produknya

Sukses menjadi petani labu madu atau butternut squash, kini Pak Ari mampu mengembangkan empat jenis labu yaitu Labu Madu, Labu Kabocha, Labu Kusuma dan Labu Air. Target tanam labu di awal Tahun 2022 ini adalah 500 batang.

“Pada saat panen labu, tak semua saya jual, ada juga yang saya berikan cuma-cuma ke masyarakat sekitar. Tujuannya agar masyarakat sekitar mencoba dan menikmati rasa labu madu yang kami tanam. Harapannya agar masyarakat mau untuk ikut membudidayakan labu. Ekonomi Desa dapat meningkat jika masyarakat luas menikmati manisnya untung dari budidaya labu madu ini.” Ungkapnya.

Setelah beberapa kali panen dengan hasil yang menurutnya memuaskan, Pak Ari kini mencoba konsep agrowisata. Selain ingin  sukses mengembangkan budidaya dan memasarkan produk hasil panen, dia juga ingin  memberikan pemandangan dan rekreasi tambahan kepada konsumen.

“Nantinya setiap tamu yang datang bisa membeli labu, memanen sendiri serta bisa menikmati wisata di lahan labu." Tutupnya.

Melalui Balai Penyuluhan Pertanian Kecamatan Bukit Batu, Penyuluh Pertanian Dinas TPHP Kabupaten Bengkalis mengupayakan penumbuhan dan pengembangan kelompok tani labu di Desa Pakning Asal. 

PENGUNJUNG

57337

HARI INI

73870

KEMARIN

50762969

TOTAL
Copyright © cybext.pertanian.go.id
rss twitter facebook