Gerbang Daerah
> >

PEMBINAAN KELEMBAGAAN PETANI MENUJU KELEMBAGAAN EKONOMI PETANI (KEP) DI KABUPATEN BOJONEGORO TAHUN 2021

Senin, 10 Jan 2022
Sumber Gambar : Dokumen Dinas

Peranan kelembagaan petani di pedesaan sangat besar dalam mendukung dan melaksanakan berbagai program yang sedang dan akan dilaksanakan oleh Pemerintah, karena kelompok tani inilah pada dasarnya sebagai pelaku utama pembangunan pertanian.

Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Bojonegoro telah melakukan kegiatan pembinaan Kelompok tani dan Gapoktan yang bertujuan untuk meningkatkan Kapasitas  Kelompok tani & Gapoktan.

Jabatan Fungsionl (KJF) Penyuluh Pertnian Kabupaten Bojonegoro ditugasi unutk  melaksanakan Kegiatan Pembinaan Kelompok tani dan Gapoktan  di Kabupaten Bojonegoro Tahun 2021 secara serentak pada  tanggal 14 Oktober 2021 di 6 BPP  Kecamatan.

Pada kesempatan ini peserta yang dihadirkan adalah ketua kelompok tani dan gapoktan sejumlah 30 orang  di masing-masing BPP Kecamatan.

Pembinaan kelembagaan petani diarahkan pada peningkatan  Kapasitas kelembagaan petani kedepan dalam mewujudkan terbentuknya Kelembagaan Ekonomi Petani.

Kelembagaan ekonomi Petani (KEP) baik yang sudah/tidak berbadan hukum yang memiliki kegiatan usahatani dari hulu sampai dengan hilir.yang ditumbuhkembangkan oleh, dari dan untuk petani guna meningkatkan skala usaha yang efisiensi dan menguntungkan.

Salah satu upaya pemerintah dalam memberdayakan petani adalah dengan pengembangan  kapasitas petani yang diarahkan kelembagaannya menjadi Kelembagaan Ekonomi Petani (KEP) yang dapat meningkatkan skala ekonomi, efisiensi usaha dan posisi tawar..

Di Kabupaten Bojonegoro khususnya pada tahun 2021 ini mempunyai target menumbuhkan KEP sebanyak 5 KEP tetapi baru terealisasi 4 KEP.

Oleh SRI SUMI –Penyuluh Pertanian Kabupaten Bojonegoro

 

PENGUNJUNG

59350

HARI INI

73870

KEMARIN

50764982

TOTAL
Copyright © cybext.pertanian.go.id
rss twitter facebook