Gerbang Nasional

Program dan Kebijakan BPPSDMP Tahun 2022

Senin, 10 Jan 2022
Sumber Gambar : Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian

[ JAKARTA ] Kementerian Pertanian mempunyai program prioritas tahun 2022 yaitu memperkuat ketahanan ekonomi untuk pertumbuhan berkualitas dan berkeadilan. Di masa Pandemi ini sudah 2 (dua) tahun tercatat tidak ada impor beras umum, hal ini  menandakan Kementerian Pertanian berhasil dengan seluruh target pekerjaannya. Untuk tahun depan Mentan menargetkan pada peningkatan produktivitas yang akan mengungkit produksi.

Kepala Badan PPSDMP, Dedi Nursyamsi menyatakan bahwa masing-masing PHLN wajib memberikan dukungan penuh dan informasi terkait program pembangunan pertanian umumnya dan rencana aksi BPPSDMP, khususnya Kostratani, penumbuhan petani milenial dan dukungan terhadap program utama Kementerian Pertanian.

Dedi meminta agar empat program PHLN di BPPSDMP perlu ditingkatkan (scaling up). "Mulai dari peningkatan volume kegiatan hingga output kegiatan yang lebih meningkat secara kuadratis. Peningkatan jauh lebih besar daripada peningkatan volume kegiatan," tegasnya.

Sementara itu agenda Mentan Sapa Petani dan Penyuluh (MSPP) volume 02 tahun 2022 dilaksanakan Jumat (07/01/2021) secara virtual di AOR BPPSDMP.

Bertemakan Program dan Kebijakan BPPSDMP Tahun 2022, dengan narasumber Sekretaris Badan PPSDMP, Siti Munifah.

Siti Munifah menjelaskan bahwa 5 (lima) program kementan yaitu Program Ketersediaan, Akses dan Konsumsi Pangan Berkualitas (Program Spesifik), Program Nilai Tambah dan Daya Saing Industri (Program Lintas K/L), Program Riset dan Inovasi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Program Lintas K/L), Program Pendidikan dan Pelatihan Vokasi (Program Lintas K/L), Program Dukungan Manajemen (Program Lintas K/L).

Sedangkan 5 (lima) program unggulan BPPSDMP tahun 2022 diantaranya Bimtek milenial 2,5 juta terkoneksi dengan Jaringan Pertanian Nasional (JPN), Pengembangan wirausaha muda pertanian, pengembangan pendidikan dan pelatihan vokasi di 34 propinsi, penguatan peran kostratani terkoneksi dengan AWR dalam mewujudkan satu data pertanian, penguatan Kelembagaan Ekonomi Petani (KEP).

“Selain itu di tahun 2022, ada kegiatan utama PHLN BPPSDMP yaitu IPDMIP, READSI,YESS,SIMURP”. jelas Siti Munifah.

Lebih lanjut beliau mengatakan terdapat juga pengembangan 7 (tujuh) kawasan food estate, kawasan sentra produksi dan juga Pembangunan baru BPP serta penyediaan sarana pendukung berupa pemenuhan    sarana keinformasian dan peralatan fasilitas perkantoran,

“Renovasi BPP serta penyediaan sarana pendukung berupa pemenuhan sarana keinformasian dan peralatan fasilitas perkantoran”. tutup Siti Munifah. hvy

PENGUNJUNG

50619

HARI INI

73870

KEMARIN

50756251

TOTAL
Copyright © cybext.pertanian.go.id
rss twitter facebook