Materi Lokalita
JAMBI > KOTA SUNGAI PENUH > PESISIR BUKIT

Pemasangan Mulsa Plastik

Minggu, 09 Jan 2022
Sumber Gambar :

Memasang mulsa plastik hitam perak ada beberapa cara sederhana yang perlu mendapatkan perhatian agar nanti hasilnya berkualitas dan melimpah, yaitu:

Waktu Pemasangan Mulsa

Salah satu yang harus dierhatikan pada saat pemasangan mulsa plastik adalah waktu.

Waktu yang tepat memasang mulsa hitam perak tidak pada waktu pagi atau siang hari, namun waktu yang tepat memasang mulsa hitam perak yaitu waktu siang hari sewaktu matahari sedang terik pukul 14.00-16.000.

Hal ini, dilakukan supaya plastik mulsa dapat dikembangkan secara maksimal.

Hal lain yang perlu mendapatkan perhatian saat memasang mulsa plastik hitam perak yaitu alat. Alat untuk memasang mulsa plastik hitam perak ini dianggap penting.

Alat tersebut antara lain pasak bambu berbentuk U, pisau atau gunting untuk memotong mulsa plastik, spidol dan mulsa plastik hitam perak. Sebelum mulsa hitam perak dipasang menutupi bendengan.

 

Bendengan yang telah dibuat diberi pupuk buatan atau pupuk alami. Pupuk buatan yang ditabur di atas bendengan biasanya berasal dari pupuk kandang.

Setelah bendengan yang telah diberi pupuk buatan, baru kemudian mulsa plastik hitam perak ini dipasang pada bendengan yang telah diberi pupuk buatan dengan dilakukan minimal 2 orang.

Cara memasang mulsa hitam adalah menarik kedua ujung mulsa plastik ke masing-masing ujung bendengan, arah memanjang.

Selanjutnya ambil pasang bilah bambu berbentuk U yang ditancapkan di setiap sisi bedengan, agar mulsa plastik yang di pasang pada setiap bedengan menjadi kuat tidak mudah lepas.

Langkah lain dalam memasang mulsa plastik hitam perak pada setiap bedengan, yaitu dengan menarik lembar mulsa plastik ke bagian sisi kiri dan kanan (lebar) bedengan hingga tampak rata menutup permukaan bedengan.

Setelah itu pasang masing-masing sisi dengan pasak bilah bambu pada setiap jarak 40-50 cm. Setelah selesai pemasangan bendengan.

Bendengan tersebut dibiarkan tertutup mulsa plastik hitam perak selama 3-5 hari sebelum dibuat lubang tanam. Hal ini dilakukan agar pupuk kimia yang diberikan dapat berubah menjadi bentuk lebih sederhana atau terurai dalam tanah, sehingga dapat diserap dengan mudah oleh tanaman.

 

(Suci Nola Ashari,SP/198407022013012001)

Penyuluh Pertanian Muda BPP Pesisir Bukit

PENGUNJUNG

51287

HARI INI

73870

KEMARIN

50756919

TOTAL
Copyright © cybext.pertanian.go.id
rss twitter facebook