Materi Lokalita
JAMBI > KOTA SUNGAI PENUH > PESISIR BUKIT

Pemeliharaan Tanaman Jeruk

Minggu, 09 Jan 2022
Sumber Gambar :

Setelah memahami bagaimana cara menanam yang baik maka tahap selanjutnya yaitu melakukan perawatan dan pemeliharaan dengan baik. Berikut caranya.

1. Pencahayaan & Penyinaran

Dalam satu hari setidaknya 5 jam terkena sinar matahari dan jangan lupa menyiramnya.

2. Penyiraman dan Pemupukan

Untuk pemupukan, bisa menggunakan NPK secara rutin setiap 4 bulan sekali dengan dosis 25 gram setiap satu tabulompat (Tanaman Buah Dalam Pot).

Seiring bertambahnya umur, dosis pupuk juga wajib ditambah menjadi 50 gram per tanaman, menjadi 100, dan seterusnya.

3. Pemangkasan

Pemangkasan dilakukan agar masing-masing tanaman tidak saling berebut saling tersinggung, selain itu juga bertujuan agar tanaman lebih terlihat rapih dan cantik.

Apabila ada satu ranting yang terkena serangan penyakit, maka secepatnya potong ranting tersebut.

Pemangkasan ranting dilakukan dengan sistem 1-3-9 ditambah 3 ranting tersier dari tiap-tiap ranting sekunder. Ranting primer diatur jaraknya, minimal 10 cm antara ranting.

Dan ranting primer, sekunder, dan tersier dipotong kira-kira panjangnya 30-40 cm dari pangkal ranting.

4. Selalu Cek Kesehatan Daun

Salah satu yang menyebabkan daun rusak yaitu kutu daun, hama berukuran kecil ini memiliki ciri utama warna hitam, hidup berkelompok, dan biasanya menyerang bagian tunas atas daun muda.

Sedangkan ciri-ciri tanaman yang terkena kutu adalah pada bagian daun terlihat menggulung, tak hanya itu kutu-kutu tersebut juga mampu mengeluarkan cairan manis.

Sehingga akibat dari itu semut akan saling berdatangan menggerogoti daun tanaman. Yang lebih parahnya lagi kalau kutu tersebut menyerang bagian bunga, bisa jadi bakal gagal panen.

Apabila kutu menyerang bagian ranting maka segera potong ranting tersebut dan agar lebih aman, bakar rantingnya. Bisa juga dengan memberikan insektisida berupa cairan pembasmi seperti Curacon 500EC atau Desic 2,5EC.

Bisa juga memakai insektisida berbahan organik, yang menjadi perhatian saat penyemprotan insektisida adalah (jangan sampai terkena pada bagian buah).

PENGUNJUNG

57827

HARI INI

73870

KEMARIN

50763459

TOTAL
Copyright © cybext.pertanian.go.id
rss twitter facebook