Materi Lokalita
JAMBI > KOTA SUNGAI PENUH > PESISIR BUKIT

Proses Penanaman Bibit Kentang

Minggu, 09 Jan 2022
Sumber Gambar :

Kentang adalah umbi yang bernutrisi, berkarbohidrat, dan lezat, serta merupakan sumber kalium, serat, protein, vitamin C dan B6, juga zat besi. Ada begitu banyak cara untuk mengonsumsi kentang, tetapi kentang segar selalu lebih lezat, terlebih kentang yang ditanam sendiri. Menanam kentang sebenarnya tidak sulit. Namun, kentang harus ditanam di tanah yang asam, serta mendapat banyak sinar matahari dan air. Selain itu, kentang akan lebih bagus ditanam di tempat bersuhu sejuk.

Tentukan waktu yang tepat untuk menanam. Kentang adalah tanaman yang tumbuh subur di tempat bersuhu sejuk. Oleh karena itu, di Indonesia kentang cocok ditanam di dataran tinggi dengan suhu 14-22 derajat Celsius . Selain itu, kentang juga rentan terhadap panas terik dan curah hujan tinggi sehingga lebih cocok ditanam di musim kemarau.

Pilihlah tempat yang banyak mendapat sinar matahari. Meskipun kentang lebih suka lingkungan yang sejuk, tanaman ini juga suka sinar matahari dan akan tumbuh subur di tempat yang mendapat sinar matahari selama beberapa jam setiap hari. Anda boleh menanam kentang di mana pun Anda suka, seperti langsung di tanah atau bak tanaman

Siapkan lahannya. Lahan terbaik untuk menanam kentang adalah lahan yang gembur dan sedikit asam. pH ideal lahan untuk menanam kentang adalah 5,0-7,0. Anda bisa meningkatkan keasaman lahan dengan memberi pupuk kandang, pupuk kompos, atau pupuk berkalium tinggi.

 Buat lajur garitan pada lahan. Setelah kentang bertunas dan siap ditanam, gunakan sekop atau garu untuk membuat parit sedalam 10 cm pada bak tanaman. Lajur garitan ini seharusnya cukup dalam untuk kentang dan berjarak sekitar 90 cm satu sama lain. 

Tanam bibit kentang. Letakkan bibit kentang langsung pada garitan dengan mengarahkan tunasnya ke atas. Beri jarak antarbibit sejauh 30 cm. Setelah mengisi satu lajur garitan dengan bibit kentang, tutupi permukaannya dengan 10 cm tanah

PENGUNJUNG

59766

HARI INI

73870

KEMARIN

50765398

TOTAL
Copyright © cybext.pertanian.go.id
rss twitter facebook