Materi Penyuluhan

KOMANDO STRATEGIS PEMBANGUNAN PERTANIAN TINGKAT KECAMATAN (KOSTRATANI)

Jum'at, 07 Jan 2022
Sumber Gambar :

KOSTRATANI adalah pusat kegiatan pembangunan pertanian tingkat kecamatan, yang merupakan optimalisasi tugas, fungsi dan peran Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) dengan memanfaatkan informasi teknologi dalam mewujudkan kedaulatan pangan nasional, dengan melibatkan seluruh komponen masyarakat yang ada di kecamatan. KOSTRATANI menjadi center of excellent pembangunan pertanian nasional, sekaligus menjadi pusat pemantauan data pertanian menuju single data.

Komando Strategis Pembangunan Pertanian (Kostratan) meliputi Komando Strategis Pembangunan Pertanian Nasional (Kostratanas) yang berkedudukan di Kantor Pusat Kementerian Pertanian, Komando Strategis Pembangunan Pertanian Wilayah (Kostrawil) berkedudukan di provinsi, Komando Strategis Pembangunan Pertanian Daerah (Kostrada) berkedudukan di kabupaten/kota, dan Komando Strategis Pembangunan Pertanian berkedudukan di kecamatan (KOSTRATANI). Agriculture War Room (AWR) yang berada di Kostratanas berfungsi untuk mengendalikan data (single data) dan menghubungkan semua institusi KOSTRATANI, Kostrada dan Kostrawil.

Peran KOSTRATANI meliputi: (1) pusat data dan informasi pertanian; (2) pusat gerakan pembangunan pertanian; (3) pusat pembelajaran; (4) pusat konsultasi agribisnis; dan (5) pusat pengembangan jejaring kemitraan.

  1. KOSTRATANI sebagai pusat data dan informasi pertanian mengelola data areal tanam dan produksi (tanaman pangan, hortikultura dan perkebunan), data populasi dan produksi komoditas peternakan, data komoditas ekspor, harga komoditas dan keragaan SDM pertanian. Penyampaian data dan informasi dilakukan secara real time dan berkala melalui AOR dan selanjutnya akan disampaikan ke AWR di Kostratanas.
  2. KOSTRATANI sebagai pusat gerakan pembangunan pertanian melakukan pengawalan dan pendampingan program utama Kementerian Pertanian meliputi program peningkatan produksi tanaman pangan melalui pengembangan kawasan berbasis korporasi (Propaktani), program pengembangan kawasan hortikultura berdaya saing (Gedor Horti), program peningkatan populasi dan produktivitas serta mutu genetik ternak potong dan unggas (Sikomandan), gerakan nasional peningkatan produktivitas, produksi dan daya saing perkebunan (Grasida), program peningkatan gerakan tiga kali lipat ekspor komoditas pertanian (Gratieks), Program Pangan Lestari (P2L), pemanfaatan alat dan mesin pertanian, Kredit Usaha Rakyat (KUR) dan hilirisasi inovasi teknologi.
  3. KOSTRATANI sebagai pusat pembelajaran untuk meningkatkan kapasitas penyuluh, petani dan praktisi pertanian lainnya melalui pengembangan korporasi petani, proses belajar mengajar berupa bimbingan teknis dan percontohan (demplot/demfarm/dem area).
  4. KOSTRATANI sebagai pusat konsultasi agribisnis sebagai tempat konsultasi petani sebagai pelaku utama dan pelaku usaha dengan melibatkan instansi/lembaga terkait. Konsultasi agribisnis dilakukan untuk perencanaan usaha yang sesuai dengan potensi wilayah setempat.
  5. KOSTRATANI sebagai pusat pengembangan jejaring kemitraan untuk mengakses Kredit Usaha Rakyat (KUR) atau lembaga permodalan lainnya, pemasaran, tempat membangun mitra usaha pelaku utama dan pelaku usaha dengan pihak offtaker baik dalam negeri maupun luar negeri.

 

(Purnomojati Anggoroseto, SP, MSi/Penyuluh Pertanian Ahli Muda)

PENGUNJUNG

53642

HARI INI

73870

KEMARIN

50759274

TOTAL
Copyright © cybext.pertanian.go.id
rss twitter facebook