Materi Lokalita
LAMPUNG > KABUPATEN LAMPUNG TIMUR > SEKAMPUNG

Perubahan Iklim

Jum'at, 31 Des 2021
Sumber Gambar : doc. search google

Iklim adalah rata-rata cuaca dimana cuaca merupakan keadaan atmosfer pada suatu saat di waktu tertentu. Iklim didefinisikan sebagai ukuran rata-rata dan variabilitas kuantitas yang relevan dari variabel tertentu (seperti temperatur, curah hujan atau angin), pada periode waktu tertentu, yang merentang dari bulanan hingga tahunan atau jutaan tahun. Iklim berubah secara terus menerus karena interaksi antara komponen-komponennya dan faktor eksternal seperti erupsi vulkanik, variasi sinar matahari, dan faktor-faktor disebabkan oleh kegiatan manusia seperti misalnya perubahan pengunaan lahan dan penggunaan bahan bakar fosil.

Penyebab terjadinya perubahan iklim

  1. Gas-gas

Banyak dari gas-gas ini terjadi secara alami dan menjadi penyebab perubahan iklim global. Ini membuat aktivitas manusia meningkatkan konsentrasi beberapa di antaranya di atmosfer, khususnya:Karbon Dioksida (CO2),  Metana, Dinitrogen oksida, Gas berfluorinasi

  1. Peningkatan Emisi

Peningkatan emisi banyak yang dilakukan oleh manusia, misalnya : a) pembakaran batu bara, minyak dan gas menghasilkan karbon dioksida dan dinitrogen oksida; b) Menebang hutan (deforestasi) karena pohon membantu mengatur iklim dengan menyerap CO2 dari atmosfer. Jadi ketikahutan ditebang, efek menguntungkan itu hilang dan karbon yang tersimpan di pohon dilepaskan ke atmosfer, menambah efek rumah kaca; c) meningkatnya jumlah peternakan sapi dan domba menghasilkan metana dalam jumlah besar saat mereka mencerna makanannya; d) pupuk yang mengandung nitrogen menghasilkan emisi nitro oksida; e) gas-gas berfluorinasi menghasilkan efek pemanasan yang sangat kuat, hingga 23.000 kali lebih besar daripada CO2.

  1. Pemanasan Global

Pemanasan global seperti pembangkit listrik dan instalasi industri lainnya adalah penghasil CO2 utama. Aktivitas manusia merupakan penyebab utama dari pemanasan dan penyebab perubahan iklim global. Risiko akan jauh lebih tinggi bila pemanasan global terus terjadi, oleh karena itu  masyarakat  perlu menjaga pemanasan di bawah 2°C.

  1. Perubahan Orbit Bumi

Orbit bumi di sekitar matahari adalah elips dan bukan lingkaran. Terkadang ia hampir melingkar dan Bumi berada pada jarak yang kira-kira sama dari Matahari saat ia bergerak mengelilingi orbitnya. Di lain waktu, elips lebih menonjol sehingga Bumi bergerak lebih dekat dan lebih jauh dari matahari saat mengorbit. Saat Bumi lebih dekat ke matahari, iklim akan lebih hangat.

  1. Kendarakan Bermotor

Bensin termasuk dari bahan bakar fosil, pembuangan gas pada kendarakan bermotor juga mengandung banyak polusi gas kimia lainnya yang dapat menjadi penyebab perubahan iklim global. Hal ini tentunya menjadi salah satu penyebab terjadinya perubahan iklim yang tidak terbantahkan lagi.

  1. Tempat Pembuangan Sampah

Saat membuang makanan dan sampah taman ke dalam tempat sampah, sampah-sampah tersebut akan dibawa dan terkubur di tempat-tempat pembuangan sampah. Hal inilah yang menjadi penyebab perubahan iklim global. Saat sampah yang berada paling bawah mengalami pembusukan, terbentuklah gas methana.

  1. CFC untuk Kulkas dan Aerosol

CFC atau chloro-fluoro-carbo` tidak terbentuk secara alami. Manusia memakainya untuk keseluruhan proses industri padahal ini bisa menjadi penyebab perubahan iklim global. CFC digunakan sebagai pendingin di lemari es dan bahan pembakar pada aerosol.Hal ini merupakan penyebab perubahan iklim global yang  juga menghancurkan ozon, bagian penting yang berada di lapisan atas atmosfer.

  1. Pertanian dan Peternakan

Saat petani menambah pupuk penyubur nitrogen ke dalam tanah, beberapa dari nitrogen tersebut berubah menjadi Nitro Oksida (N2O), gas rumah kaca yang sangat kuat dan menjadi penyebab perubahan iklim global. Begitu juga sapi menciptakan gas methan saat rumput mengalami peragian di perutnya yang memicu penyebab perubahan iklim global. Ada sekitar 1,2 miliar ternak sapi didunia, semuanya menambah kadar gas rumah kaca yang menjadi penyebab perubahan iklim global di seluruh dunia. (Tati Purnamawati. Penyuluh Pertanian Kabupaten Lampung Timur).

sumber : Ditjen PPI. Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

PENGUNJUNG

52555

HARI INI

73870

KEMARIN

50758187

TOTAL
Copyright © cybext.pertanian.go.id
rss twitter facebook