Materi Lokalita
SULAWESI SELATAN > KOTA PAREPARE > BACUKIKI BARAT

Membasmi Kutu Putih pada Tanaman Cabe

Jum'at, 31 Des 2021
Sumber Gambar : batukita.com

Membasmi kutu putih dan semut pada cabe sangat penting untuk mencegah parasit yang membahayakan tanaman cabe di  rumah maupun di kebun. Dengan adanya serangan hama kutu putih tersebut bisa menghambat pertumbuhan tanaman cabe bahkan bisa  gagal panen terhadapat tanaman cabe tersebut. Adapun, ukuran kutu putih berkisar antara 1 hingga 4 milimeter, dengan panjang tergantung usia dan spesiesnya, karena kutu putih juga hidup berkoloni.

Untuk diketahui, Serangan kutu putih ini juga menimbulkan bercak hitam di sekitar pucuk tanaman, sehingga timbul bintik-bintik pada permukaan daun. Penting diketahui masalah pada hama kutu putih sehingga tidak hinggap pada tanaman tersebut. Dalam hal ini, membasmi kutu putih menjadi bagian penting termasuk menanam cabe di rumah maupun di kebun agar kita tidak gagal panen.

Cara-Cara Membasmi Hama Kutu Putih pada Tanaman Cabe

Ada beberapa cara maupun ramuan alami yang bisa kamu aplikasikan dengan sangat mudah dengan bahan yang mudah didapat adalah : 

  1. Bumbu Dapur (bawang putih, bawang bombay dan cabe rawit)

Dalam membasmi hama kutu putih, penggunaan insektisida alami kutu putih bisa menjadi solusi yang cermat dan mudah untuk diaplikasikan. Caranya tergolong mudah, yakni dengan blender 1 buah bawang putih, 1 buah bawang bombay, dan 1 sendok cabe rawit dengan tekstur menyerupai pasta. 

Kemudian, campurkan pasta tersebut ke dalam 1 liter air dan didiamkan selama satu jam dan saring dengan kain tipis sehingga tercampur dengan baik, kemudian semprotkan ke tanaman yang terkena hama kutu putih.

  1. Menggunakan sabun cuci piring

Campurkan sabu cuci piring beberapa tetes dengan air hangat kedalam botol semprot kemudian aduk hingga berbusa dan semprotkan pada tanaman yang terserang hama, tunggu sampai 15 menit. Sabun cuci piring akan menghilangkan kandungan lilin pada kutu putih yang melindungi tanaman dri sinar matahari. Ketika lilin menghilang, sinar matahari akan secara perlahan membunuh dan menghilangkan hama kutu putih pada tanaman cabe.

  1. Menggunakan Daun Nimba

Campurkan daun nimbah dengan air sekitar 1 liter kemudian blender hingga daun nimbahnya hancur, diam selama 1 malam. Semprotkan ke bagian tanaman cabe yang terserang hama kutu putih. (Sunaena Buraerah / PPL Kota Parepare)

PENGUNJUNG

50683

HARI INI

73870

KEMARIN

50756315

TOTAL
Copyright © cybext.pertanian.go.id
rss twitter facebook