Materi Lokalita
JAWA TENGAH > KABUPATEN TEMANGGUNG > PRINGSURAT

Mikro Organisme Lokal (mol) Nasi Sebagai Pupuk Bagi Tanaman

Kamis, 30 Des 2021
Sumber Gambar :

Mikro Organisme Lokal (MOL) Nasi Bagi Sebagai Pupuk Tanaman

Tanaman membutuhkan nutrisi untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangan tanaman, pertumbuhan tanaman akan optimal jika tanaman memperoleh unsur hara yang cukup dari dalam tanah. Cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan pertumbuhan tanaman adalah dengan menambahkan bahan-bahan organik yang mampu memperbaiki sifat fisik, kimia dan biologi tanah. Bahan organik memiliki peran penting sebagai sumber energi dan pakan untuk mendukung berbagai kehidupan serta perkembangbiakan mikroba dalam tanah. Upaya yang dilakukan untuk mencukupi kebutuhan nutrisi tanaman adalah mengganti bahan-bahan kimia yang akan merusak lingkungan dengan menggunakkan mikro organisme lokal (MOL). MOL adalah starter untuk membuat pupuk organikbaik itu pupuk cair maupun padat. Bahan utama pembuatan MOL adalah karbohidrat, glukosa, dan sumber mikroorganisme. Bahan dasar untuk fermentasi larutan MOL dapat diperoleh dari limbah pertanian, perkebunan, limbah organik rumah tangga. KArbohidrat sebagai nutrisi diperoleh dari limbah organik seperti air cucian beras, gandum, singkong dll. Glukosa berasal dari air kelapa, cairan gula merah/aren/pasir. Sedangkan sumber mikroorganisme berasal dari nasi basi, terasi, keong, buah-buahan dll.

Salah satu MOL yang sering dibuat adalah MOL dari nasi basi. Setiap hari ada sisa nasi yang tersisa dan tidak dikonsumsi lagi yang akan menjadi basi. Nasi-nasi jika dikumpulkan dan dibiarkan di pojokkan ruangan yang jauh dari jangkauan sinar matahari dan sedikit dibasahi akan terjadi penjamuran. nasi basi yang tidak diolah akan mengalami pembusukkandan aroma tidak sedap bagi lingkungan. 

Keuntungan menggunakkan MOL nasi :

a. Mendukung budidaya tanaman ramah lingkungan

b. Mengatasi permasalahan pencemaran limbah rumah tangga dan limbah pertanian

c. Pembuatan dan aplikasi MOL nasi sangat mudah

d. Memperkaya keberagaman biota tanah

e. Memperbaiki kualitas tanah dan tanaman

Bahan dan alat yang dibutuhkan :

- Ember/ Baskom

- Toples/botol

- Nasi basi 5 genggam tangan

- air 1 liter

- gula 1/4 kg

langkah-langkah pembuatan :

1. Memperbanyak mikroorganisme yang ada di dalam nasi :

- Nasi diletakkan dalam wadah baskom/ember

- Tutup nasi dengan dengan kertas atau daun kering, jangan terlalu rapat agar sirkulasi udara tetap ada

- Simpan ditempat yang lembab 3-6 hari sampai tumbuh jamur berwarna kekuningan dan bila belum muncul jamur biarkan lagi hingga 2 hari.

2.Membuat cairan gula

- merebus air dan gula merah/pasir sampai mencair, dinginkan

3. Mencampurkan bahan

- Nasi yang sudah tumbuh jamure di masukkan ke dalam wadah dicampur dengan air gula aduk sampai merata

- Masukkan dalam toples/botol tutup rapat dan simpan ditempat yang teduh kurang lebih 7 hari dan jangan terkena sinar matahari langsung.

setelah 7 hari sudah tercium aroma wangi tape berarti sudah dapat digunakkan menjadi pupuk, jika tercium busuk berarti gagal.

Aplikasi MOL nasi untuk pupuk cair dan pupuk padat sangat mudah tinggal di campurkan pada tanah sebagai media tanah. sebagai penyedia nutrisi tanaman dan menunjang produktivitas dan mempercepat pertumbuhan tanaman dan memperbaiki kualitas tanah menjadi gembur sehingga tanaman menjadi lebih subur.

SELAMAT MENCOBA

Oleh Rahmat Ika Adi Saputri, SP/Penyuluh Pertanian Kec. pringsurat

 

 

PENGUNJUNG

51474

HARI INI

73870

KEMARIN

50757106

TOTAL
Copyright © cybext.pertanian.go.id
rss twitter facebook