Materi Lokalita
LAMPUNG > KABUPATEN LAMPUNG TIMUR > SEKAMPUNG

Cara Melihat Titik Koordinat di Google Maps

Minggu, 26 Des 2021
Sumber Gambar : doc. Penyuluh

Titik koordinat merupakan kedudukan suatu titik tertentu pada peta di mana titik tersebut mempertemukan garis vertikal dan garis horizontal pada suatu peta. Terdapat dua jenis koordinat, yaitu koordinat geografis dan koordinat grid/UTM. 

Koordinat geografis memiliki garis bujur (bujur barat dan bujur timur) yang posisinya tegak lurus terhadap garis khatulistiwa dan garis lintang (lintang utara dan lintang selatan) yang sejajar dengan garis khatulistiwa. Kode titik koordinat ini dinyatakan dalam satuan derajat (o), menit (‘), dan detik (“).

Sedangkan untuk koordinat grid dinyatakan dengan sumbu X dan Y. Kedudukan titik pada koordinat ini dinyatakan dalam ukuran jarak suatu titik acuan. Untuk sumbu X diberi nama dari barat ke timur/kiri ke kanan, sedangkan sumbu Y dari selatan ke utara/bawah ke atas.Istilah titik koordinat tentu sudah tidak asing lagi bagi para pengguna aplikasi Google Maps, namun masih asing bagi para petani yang diminta data titik koordinat guna melengkapi data di simluhtan. Pada umumnya, penyuluh dan petani  melihat  titik koordinat dengan menggunakan aplikasi Open Camera, namun sebagian besar belum mengatur dalam  bentuk desimal sementara titik koordinat menjadi salah satu komponen penting dalam Sistem Informasi dan Penyuluhan Pertanian, karena dalam penyusunan e-RDKK tahun 2022  harus mencantumkan titik koordinat lahan petani.

Agar petani mampu dan  lebih maksimal menggunakan aplikasi ini, penyuluh perlu mengetahui  dan menguasai cara melihat titik koordinat di Google Maps dengan menggunakan telepon pintar.

Cara Mendapatkan Titik Koordinat Tempat

langkah-langkah untuk mendapatkan titik koordinat lahan adalah sebagai berikut :

berikut:

  • Buka aplikasi Google Maps
  • Ketik di bagian atas dengan alamat lahan yang akan dicari titik koordiatnya, misalnya Dusun I Desa Giri Klopomulyo Kecamatan Sekampung
  • Kemudian perbesar gambar peta yang muncul untuk mencari lokasi lahan yang dimaksud.
  • Agar lebih jelas, klik jenis peta (gambar persegi di kanan atas) kemudian pilih satelit.
  • Perbesar gambar untuk menentukan lokasi lahan. Setelah ketemu, klik beberapa saat pada lokasi tadi hingga muncul  Balon berwarna merah dan dikotak pencarian alamat lahan muncul titik koordinat.
  • Jika ingin menyalin dan mengirim titik koordinat, klik “pin terpasang pada sebelah kiri bawah, hingga muncul :

Jika diklik titik koordinat (lingkaran merah), maka otomatis disalin dan tinggal mengirim kepa keta kelompok/penyuluh untuk dimasukkan sebagai titik koordinat lahan dalam SIMLUHTAN. (Tati Purnamawati. Penyuluh Pertanian Kabupaten Lampung Timur)

PENGUNJUNG

3462

HARI INI

62573

KEMARIN

50458687

TOTAL
Copyright © cybext.pertanian.go.id
rss twitter facebook